Mesin digital printing terlengkap dan terbaik bergaransi

Mesin digital printing – Merupakan alat yang paling banyak digunakan pada bidang advertising, biasanya digunakan untuk cetak banner dan sticker, namun ada beberapa jenis juga yang bisa digunakan untuk print pada bahan padat seperti acrylic dan kayu.

Ada beberapa jenis yang paling umum digunakan, semuanya memiliki kemampuan yang berbeda, sedangkan untuk merk yang ada juga sangat banyak sekali, mayoritas merupakan merk asal China dan Jepang, jenis yang paling banyak digunakan yaitu:

  • Mesin digital printing indoor
  • Mesin digital printing outdoor
  • Mesin digital printing UV
  • Mesin digital printing sublimasi

Kegunaan dari semua yang disebutkan diatas memang untuk melakukan proses print, tetapi aplikasi bahan yang dapat dikerjakan berbeda, jenis indoor dan outdoor merupakan yang paling banyak digunakan pada bidang advertising atau digital printing.

Mesin digital printing indoor Jepang

Printer Jepang

Mesin digital printing indoor

Untuk jenis printer indoor ini banyak digunakan pada bahan yang dilihat dari jarak dekat, seperti bahan sticker, albatros, dan beberapa jenis bahan lainnya, namun memang lebih banyak digunakan sebagai mesin printer sticker atau membuat x-banner, serta untuk garskin handphone.

Tinta yang digunakan adalah eco solvent, daya tahan hasil print berkisar antara 6 – 12 bulan apabila tidak dilaminasi lagi (tergantung dari kualitas tinta yang digunakan), untuk printheadnya sendiri hampir seluruhnya menggunakan Epson, baik itu DX5 maupun DX7 (golden head).

Produk asal China dan Jepang bersaing ketat di pasaran, untuk merk asal Jepang sendiri dikenal memiliki kualitas yang bagus, tetapi kelemahannya adalah pada harga jual yang jauh lebih mahal, ada 3 merk yang sudah banyak digunakan, yaitu:

  • Roland
  • Mimaki
  • Mutoh

Harga jual dari mesin digital printing Jepang tersebut tidak berbeda jauh, kisaran harganya berada di angka 230 jutaan, ukuran yang tersedia juga sama, yaitu dengan lebar area print yang mencapai 1,6 meter, untuk panjang area print tidak ada batasan.

Sedangkan untuk merk asal China pada jenis ini jauh lebih banyak, untuk printer indoor China ini dikenal memiliki harga yang jauh lebih murah, namun tidak semua memiliki kualitas sebaik produk Jepang, hanya sedikit saja yang memiliki kemampuan yang bagus.

Salah satu produk asal China untuk jenis printer indoor dengan kemampuan yang mampu mengimbangi produk Jepang adalah Xuli, hasil print dari Xuli tidak dapat dibedakan dengan printer Jepang, sedangkan untuk harganya sendiri jauh lebih murah.

Mesin digital printing Xuli

Xuli X6

Harga printer indoor Xuli berada di kisaran 110 jutaan, jauh lebih murah dari ketiga merk asal Jepang tersebut, itu sebabnya banyak digunakan di Indonesia, populasi pengguna dari merk Xuli sudah mencapai lebih dari 150 yang berada di seluruh Indonesia.

Mesin digital printing outdoor

Printer outdoor lebih di dominasi oleh merk China, tinta yang digunakan adalah tinta solvent, untuk hasil print dari jenis outdoor ini memang tidak sebagus jenis indoor, tetapi efektif untuk mencetak ukuran besar karena lebar area print yang umumnya mencapai 3,2 meter.

Printhead yang digunakan pada jenis ini ada beberapa pilihan, diantaranya yaitu:

  • Konica 512/512i
  • Polaris
  • Seiko
  • Ricoh
  • XAAR

Untuk yang paling banyak digunakan adalah jenis printhead Konica, baik itu untuk 512 ataupun 512i, jenis tintanya walaupun tetap solvent tetapi harus disesuaikan dengan printhead yang digunakan, karena tinta solvent juga tersedia beberapa macam pilihan.

Harga mesin digital printing jenis outdoor ini bervariasi, mulai dari 200 juta hingga 400 jutaan, ada beberapa merk yang memiliki kualitas serta kemampuan yang bagus, diantaranya adalah Signstar serta Xuli jenis outdoor, bagus dalam hal hasil print maupun stabilitas mesin.

Mesin digital printing Xuli X6-3200S

Xuli X6-3200S

Mesin outdoor lebih banyak digunakan untuk cetak banner atau baliho, dengan area print yang besar maka akan semakin besar pula bahan yang dapat dicetak, printhead yang digunakan sebanyak 4 buah dan biasanya dapat di upgrade menjadi 8 buah (biaya hanya ditambahkan 4 buah printhead tambahan).

Mesin digital printing sublimasi

Jenis sublimasi sendiri berbeda dibandingkan dengan indoor dan outdoor, karena untuk printer sublimasi ini lebih banyak digunakan pada bahan kain, namun hanya kain yang mengandung unsur Polyester atau PE saja yang dapat di print menggunakan printer ini.

Mesin digital printing kain sublimasi proses kerjanya juga tidak dapat langsung di print pada bahan kain, tetapi melalui transfer paper yang kemudian di press menggunakan mesin heat press, transfer paper tersebut di press pada bahan kain yang akan digunakan.

Yang menggunakan mesin printing sublimasi ini kebanyakan untuk pembuatan jersey, ada juga yang menggunakan jenis printer ini di industri pembuatan boneka, untuk tintanya sendiri menggunakan tinta sublime, namun banyak varian warna yang dapat digunakan.

Mesin digital printing sublimasi

hasil print jersey

Mesinnya sendiri sama seperti jenis printer indoor, hanya dibedakan dari tinta yang digunakan saja, tetapi penggunaan tinta tidak dapat diganti-ganti antara eco solvent maupun sublime, karena apabila diganti dapat dipastika printhead akan mampet.

Mesin digital printing UV

Jenis printer UV juga termasuk yang berbeda sendiri, banyak digunakan pada material bahan padat seperti acrylic atau kaca, bisa juga digunakan untuk print pada bahan mika, D300, D600, canvas, plastik, oscar, kulit, dan banyak jenis bahan lainnya.

Ada 2 jenis dari printer UV, yaitu roll dan flatbed, meskipun memiliki fungsi yang sama tetapi pengaplikasian bahan print berbeda, jenis flatbed lebih banyak digunakan untuk print pada bahan datar seperti kaca atau acrylic tadi, pada produksi casing atau case hp juga lebih banyak menggunakan jenis flatbed ini.

Pada mesin digital printing flatbed bidang area kerja berbeda dengan jenis roll, kalau pada jenis roll lebih mirip seperti printer indoor atau outdoor, tetapi pada flatbed bidang area kerjanya sudah dibatasi langsung, ukuran besar ada yang mencapai 250 x 120 cm.

Mesin digital printing flatbed

Wute WF-2500UVF

Pada printer flatbed UV ini bisa juga digunakan untuk print pada bahan kayu, biasanya sudah dilengkapi dengan tinta putih, jadi untuk print pada bahan berwarna gelap bisa dengan mudah dilakukan, harganya sendiri untuk ukuran 250 x 120 cm adalah 400 jutaan.

Kalau untuk jenis mesin digital printing UV roll bagus digunakan untuk print wallpaper dan bahan canvas, dan pada bahan backlite juga di dapat hasil print yang bagus, tinta hasil print langsung kering setelah terkena lampu UV yang ada pada mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *