Mesin laser stainless

Mesin laser stainless – Memotong pada bahan metal atau logam untuk hasil yang lebih presisi dan akurat membutuhkan mesin yang memiliki power tinggi, karena bahan yang tergolong keras tersebut tidak dapat dipotong dengan mesin yang memiliki power kecil.

Tidak perlu lagi menggunakan cara manual untuk memotong bahan stainless steel, karena sekarang sudah banyak cara yang lebih efisien dan lebih praktis, dan tidak hanya melakukan potong saja, tetapi juga dapat melakukan proses grafir atau engraver.

Mesin laser stainless

Mesin fiber laser

Untuk digunakan pada bahan stainless ini ada dua jenis mesin cutting laser yang digunakan, yaitu jenis CO2 dan fiber laser, keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda, begitu juga dengan harga jual yang dimilikinya, kemampuannya pun berbanding jauh.

Mesin laser stainless CO2

Dengan menggunakan jenis CO2 yang difungsikan sebagai mesin laser stainless sebenarnya agak “memaksakan”, karena pada dasarnya untuk jenis CO2 ini lebih optimal jika digunakan untuk memotong bahan non metal, seperti contohnya adalah acrylic dan kayu.

Memang ada jenis laser cutting CO2 ini yang dapat dipergunakan pada bahan metal dan non-metal, namun ketebalan bahan yang dapat dipotong sangat terbatas, biasanya berkisar 0,5 – 1,2 mm saja, dan itupun tergantung dari power yang dimiliki.

Mesin laser stainless steel

Hasil CO2 laser

Hasil potong pada bahan metal untuk jenis CO2 ini agak kasar, dan masih harus di finishing lagi, sisi bekas alur potongan agak hitam terbakar, berbeda jika digunakan pada bahan non-metal seperti acrylic yang hasilnya halus serta lebih rapi.

Mesin laser stainless Fiber

Berbeda jika menggunakan fiber laser, karena jenis ini memang khusus digunakan pada bahan metal atau logam, dan hasilnya juga jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis CO2, tidak perlu finishing lagi karena tidak kasar pada garis potongannya.

Kecepatan potongnya juga jauh lebih baik, serta bisa digunakan untuk memotong desain yang kecil serta rumit sekalipun, untuk mesin fiber laser dengan power 300 watt bisa digunakan pada bahan stainless hingga ketebalan 2 cm, dan hasilnya tetap rapi.

mesin laser stainless

Hasil mesin fiber laser

Kelemahan dari mesin laser stainless steel jenis fiber ini adalah harga jualnya yang lebih mahal, dan memang hanya bisa digunakan pada bahan metal saja, tidak dapat dipergunakan pada bahan non-metal sama sekali, jadi untuk potong akrilik tidak akan bisa dilakukan.

Harga mesin laser stainless

Produk asal China yang paling mendominasi disini, baik itu untuk jenis CO2 maupun fiber laser, karena selain jauh lebih murah, juga karena ada beberapa merk yang memiliki kualitas lebih baik, salah satunya adalah mesin laser cutting Bodor.

Produk dari Bodor ada yang memiliki tipe metal dan non metal, harga mesin laser stainless Bodor serta tipe yang tersedia yaitu:

Kedua tipe tersebut merupakan jenis metal dan non-metal, power yang dimiliki keduanya mencapai 150 watt, hanya berbeda pada bidang area kerjanya saja, sedangkan untuk hasil potong maupun grafirnya sama, dan bisa juga digunakan pada bahan acrylic.

Sedangkan untuk jenis fiber laser cutting ada merk Gweike yang dikenal luas memiliki kemampuan tinggi, untuk tipe dan harganya yaitu:

Perbedaan harga antara jenis fiber dan CO laser memang terlihat mencolok, namun memang karena kemampuannya sendiri juga berbeda jauh, perbedaan atau kelebihan dan kekurangan antara keduanya bisa dibaca pada: Mesin laser cutting.

Jika berminat atau membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai mesin laser stainless ini, bisa menghubungi kami langsung melalui kontak yang tersedia, atau melalui no: 0812-96098899 (Phone/SMS/WhatsApp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *